1 Januari 2012 | By: Arry Rahmawan

Resolusi 2012 - BISA!

Kata orang bijak, 'jadikanlah momen tahun baru itu sebagai sarana intropeksi diri'. Yap, selama ini saya lebih suka menjadikan momen tahun baru untuk melakukan refleksi sekaligus resolusi apa yang akan dilakukan atau dicapai pada tahun berikutnya. Ga terasa banget nih perasaan baru kemarin masuk 2011, sekarang udah ganti tahun lagi. By the way, saya suka banget sama kembang api dan kemeriahan tahun baru, asalkan kembang api itu bukan dari duit saya, hehe.. :D.

Sebelum 'loncat' ke resolusi, saya mau mengawali dengan sedikit 'flashback' apa aja yang terjadi dan dialami pada tahun 2011. Jujur, tahun 2011 merupakan tahun yang sangat luar biasa hebat, dahsyat, menarik, dan banyak yang tidak saya duga sebelumnya. Tahun 2011 ini juga banyak sekali momentum-momentum penting di mana saya harus berani mengambil keputusan yang mengubah hidup saya selamanya. I can say, 2011 is my turning point year! Ya, pada tahun 2011 inilah saya memutuskan ke mana saya akan melangkah.


Well, kejadian-kejadian menarik 2011 satu per satu akan dibeberkan. Apa sajakah itu? Jeng-jeeng... Ada yang direncanakan, ada juga yang tidak (tapi rata-rata sudah direncanakan koo.. hehe...). First of all, di tahun 2011 ini saya berkesempatan untuk belajar ke Singapura. Yup, I attended World Leadership Conference 2011 in Singapore for free, of course. Seumur hidup saya baru pertama itu naik pesawat dan alangkah senangnyaaa, langsung ke luar negeri!! Met new friends, from Japan, China, Singapore, Sri Lanka, Malaysia, and many more! Asyik banget, bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa hebat di Asia Pasifik, membahas mengenai isu lingkungan hidup yang sedang marak-maraknya di dunia saat ini.



2011 also year of my digital technology gadget growth. Banyak kebiasaan hidup saya yang berubah gara-gara pengaruh pesatnya teknologi ini. Mulai dari kebiasaan membaca novel dari yang bentuk buku ke bentuk digital (thanks daddy for C-Pad ^-^), kemudian memiliki iPod 4 yang sangat membantu mengorganisir jadwal, hingga handphone yang beralih ke BlackBerry ternyata sangat berguna sekali. :)

Satu dari sekian banyak hal yang menyenangkan di tahun 2011 adalah menjadi Juara PPIC Game 2011. After coaching and training hard, finally the A Team can reach 1st Champion! Especially for me as PPIC Manager. Thanks for the A Team, you're very great! Rasanya jadi juara tuh, sesuatron (sesuatu kalee... hehe) banget deeh!! ^_^



About friendship, I don't know, tahun inilah yang memperlihatkan siapa sahabat-sahabat yang 'pas' dan selalu bisa diandalkan di saat-saat yang genting. For Felis and Cuy, of course I really love you two, as my special friend, forever! ^-^, and for Sudin and Dhasmo maaf banget ye kalo selama tahun 2011 gw ngerepotin kalian banget. Haha.. :) Ga cukup di sini, karena saya juga punya mastermind dahsyat, 3 serangkai abad 21 di mana berisikan 3 orang yang insyaAllah di masa depan menjadi orang-orang besar. Kita sambut, Fajar Munich dan Miaan (yang satunya of course me!) haha.. Thank you for always give me your spirit and motivation. :D

Kalau dari Entrepreneurship, inilah tahun 'kebangkitan' dan semoga menjadi awal yang baik. Kenal baik sama Ibnu si entrepreneur muda hebat, dikenalin sama Kak Beky yang luar biasa, sehingga dari Kak Beky inilah saya bisa belajar banyak hal menjadi entrepreneur yang baik. Setelah sempat membuka usaha sewaktu SMA dan tahun 2010 yang gagal dan gagal terus, akhirnya tahun 2011 ini alhamdulillah sudah berdiri 2 unit usaha, yang pertama jadi CEO Penerbit Andalusia, dan kedua menjadi penasihat di Sl!dea Media Consulting. Great! Dua-duanya memberikan hasil yang 'cukup banget' buat jajan-jajan ala mahasiswa.. :), inilah salah satu sebab mengapa saya kemudian memutuskan untuk meneruskan jalan menjadi seorang entrepreneur.


How about trainer? Trainer itu bisa dibilang cita-cita saya dari SMP kali ya. Alhamdulillah ya Allah, Engkau mempertemukan hamba dengan Kak Beky, akhirnya diajak bergabung ke Sinergi Fitrah 2201 dan Woohoooooo.... I can learn anything about training and public speaking really fast!! Ga cuma teori tapi praktek langsung! Mulai dari baru awal berdiri sampe punya kantor!! Makasih Pak Abah, Mas Dhika, Kak Beky, dan semua tim. Bisa jalan-jalan keliling sekolah di Jakarta, dari Rumah Tahfidz Ar-Rahman, SMAN 9 Jakarta, SMP 131 jakarta, SMP 19 Jakarta, SMAN 48 Jakarta, SMAN Al-Azhar 4 Bekasi, and many more buat ngisi training-training motivasi (di mana saya suka banget, hehe... I can say, it is one of my passion), dan yang asyik dapet 'bonuus', lumayan banget deh 6 bulan terakhir rezeki gampang aja bawaannya.. Alhamdulillah, alhamdulillaah... :D



Satu lagi mungkin tentang menulis. Bisa dibilang saya udah ngidam banget dari lama pengen banget punya buku sendiri. Nulis, nulis, nulis, udah banyak banget draft nya tapi ga ada satu pun yang jadi buku. Akhirnya memutuskan bekerjasama dengan Pak Toha di Bandung, and finally for 2 months, I can publish 2 books, "5 Kunci Siswa Hebat" dan "Menjadi Pengusaha Muda itu Mudah, Inilah Rahasianya!!" Karena punya penerbitan sendiri, sekali lagi hasil dari penjualan buku sangat terkontrol dan bisa mengalir cepat ke pundi-pundi dompet, hehe.. Alhamdulillah, terima kasih banyak ya Allah. 2011 is very great and awesome!! Lot of unforgettable memories and fun!





Jadi, apa resolusi saya untuk 2012 ini?

Pertama, Innalillaahi, wa inna ilaihi raji'uun. Saya mendapat amanah untuk membantu Ibnu menjadi Vice President CEDS (Central for Entrepreneurship Development and Studies) UI. Merupakan suatu langkah yang berani menurut saya, di mana saya ini orang baru. Tapi, itu ga masalah. InsyaAllah di Resolusi 2011 ini saya akan melakukan revolusi di CEDS bareng Ibnu, mulai dari kegiatan internal, eksternal, dan yang terpenting: semua anggota CEDS harus punya bisnisnya sendiri!

Kedua, menjadi professional Trainer untuk seri Siswa Hebat Indonesia, bekerjasama dengan SF2201 dan Komunitas. Tahun 2012, saya menghasilkan 5 paket training reguler dan tematik, terkait dengan materi training sehingga mejadi lebih profesional.

Ketiga, menulis, menulis, menulis!! 2 buku tiap semester, berarti 4 buku di tahun 2012. Saya ingin menulis 1 buah novel atau minimal antologi puisi. Intinya memulai suatu buku yang berbau fiksi. Sepertinya asyik jika saya menuangkan imajinasi-imajinasi liar saya. :)

Keempat, bisnis penerbitan berkembang. Minimal menerbitkan 8 judul buku dan meningkatkan kualitas hasil cetak buku dengan standar cetak gramedia. Tidak mudah, memang, tetapi insyaAllah bisa, apalagi udah ketemu partner yang pas, baik Pak Toha maupun Mas Irwan Bajang yang siap ngebantu di penerbitan saya ini. :D. Saya yakin buku ketiga saya kualitas fisik dan isinya jauh lebih baik, amin!

Kelima, juara Kanban. Double Winner, kenapa tidak? Semester 5 juara PPIC, semester 6 Juara Kanban. hehe.. :), Kanban adalah salah satu lomba tentang sistem produksi yang diadain T.Industri UI. Amin, mudah-mudahan bisa juara.

Keenam, menambah jaringan, masuk komunitas entrepreneur dan bertemu orang-orang hebat, kaya Mas Ippho Santosa, Bong Chandra, Pak Mario Teguh, Pak Jamil, Pak Farid, dan Pak Indra dari Kubik Leadership, Mbak Merry Riana sang Penulis Mimpi sejuta dolar, dan Mbak Afifah Afra yang menginspirasi saya untuk terus menulis. Amin ya Allah.. :)

Ketujuh, memberikan beasiswa untuk anak-anak yang kurang mampu. Alhamdulillah tahun 2011 sudah megang 1 anak asuh, mudah-mudahan di tahun 2012 bisa membiayai 10 anak yang terancam putus sekolah karena tidak ada biaya.

Kedelapan, mau gimanapun aktivitasnya, kuliah harus tetap terjaga. IPK Minimal Cum Laude, > 3.5 deh. Usaha jalan, training lancar, dan akademik juga oke doong... :)

Kesembilan, mencari jaringan internasional. Tetep semangat! Februari ke Taiwan, April ke Rio de Jeneiro, dan Desember ke UK. Terlihat berat, tapi Man Jadda wa Jada dan There's a will, there's a way.


Sekian, dan tanpa terasa suara terompet dan dentuman kembang api mengawali gegap gempita awal tahun. Selamat tahun baru 2012 dan jadikanlah hari ini momentum untuk membawa semangat perubahan menuju pribadi lebih baik. Inilah resolusi 2012 ku, bagaimana dengan resolusimu??

Bogor, 1 Januari 2012
Di bawah warna-warni langit cerah penuh cahaya kembang api,

Salam Pendekar Pena,
Arry Rahmawan
Penulis

Owner Andalusia Media Cendekia
arry.rahmawan@gmail.com