25 April 2012 | By: Arry Rahmawan

2 Sahabat Setia

Catatan Kepala: Jika kita sedang sendirian, merasa sendirian, atau berada di tempat yang sepi, sadarkah kita bahwa pada saat itu juga sesungguhnya ada 2 sahabat setia yang senantiasa mendampingi?

Sahabat, pernahkah suatu kali ketika kita sedang berjalan atau duduk sendirian kemudian disapa oleh orang atau teman kita, "Apa kabar, bro? sendirian aja nih?" , kemudian apa ya jawaban kita? Apakah kemudian kita akan mengiayakan bahwa kita sendirian, atau kita sadar bahwa sebenarnya pada saat itu kita tidak benar-benar sendirian?


Sebenarnya kita tidak sendirian. Ada dua sahabat sejati, dua sahabat setia yang selalu menemani Anda ke mana-mana. Siapa mereka? Mereka yang selalu menemani Anda di sisi kiri dan sisi kanan yang bertugas mencatat perbuatan apa yang Anda lakukan.

Benar, mereka adalah malaikat Raqib dan Atid.

Jadi, pikirkan kembali saat-saat kesendirian kita. Ternyata, tidak ada waktu di mana kita benar-benar sendirian. Apapun yang kita lakukan, apapun yang kita perbuat, maka hal tersebut akan selalu dicatat, walaupun kita melakukannya di tempat yang paling tersembunyi sekalipun. Itulah dua sahabat sejati kita.

Maka, mengingatkan penulis pada khususnya, sesungguhnya kita sering lupa dengan dua sahabat kita ini, Kadang apa yang kita lakukan di depan orang-orang, akan berbeda dengan pada saat kita berada sendirian. Mungkin di depan orang kita adalah orang yang jujur, tetapi ketika di belakang dan tidak dilihat oleh siapapun, kemudian kita mengambil sesuatu yang bukan hak kita.

Jadi, tidak ada tuh yang namanya kita sendirian. Dalam situasi apapun, dalam kondisi apapun, pasti kita ada temannya. So, mulai sekarang biasakanlah bahwa hidup kita ini senantiasa 'ditemani' oleh kedua sahabat setia kita tadi. Sehingga harusnya akan membuat kita lebih bijaksana dalam bersikap, bukankah begitu?

Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia! :)

Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya