14 April 2012 | By: Arry Rahmawan

Jebakan PowerPoint

Catatan: Membuat presentasi bukanlah menyalin semua hal yang dipresentasikan ke dalam bentuk slide PowerPoint. Presentasi adalah tentang kreativitas dan penampilan Anda.

Jika mendengar kata presentasi, apa yang umumnya kita ingat? Seorang yang membawakan presentasi dengan dibantu slide sebagai media penjelasnya. Hal ini kemudian berlanjut: seperti apa slidenya? Teringatlah selalu bahwa slide tersebut berisi banyak tulisan yang dibuat dalam bentuk poin-poin dengan bullets and numbering.


Merasa ada yang salah? Atau semua baik-baik saja?


Bukankah memang begitu dalam membuat presentasi? Kita hanya tinggal memasukkan apa poin-poin yang kita buat dan kemudian mempresentasikannya? Ya, itu benar. Tetapi tidak harus seperti itu. Tahukah bahwa rata-rata dari kita dalam membuat slide presentasi menggunakan bullets n numbering terkena 'jebakan betmen' atau supertrap dari PowerPoint itu sendiri? Bayangkan, saat ingin membuat presentasi pun kita disuguhi template yang langsung menuntun kita membuat poin-poin langsung dari apa yang ingin kita sampaikan.

Kamu bisa juga membaca Presentasi Sederhana Berkelas Dunia

Pernah kepikiran cara lain untuk membuat slide yang extraordinary? Think creative. Berikut ini adalah sebuah presentasi dahsyat yang dibuat menggunakan PowerPoint 2010 (video ini penting karena berisi  prinsip dasar bagaimana membuat presentasi yang baik):




Jadi, jika kita masih berpikir standar dan membuat slide presentasi seperti ini:

Dan ternyata hanya bisa seperti itu, maka berpikirlah kreatif. Tidak perlu terpaku pada PowerPoint Supertrap, bebaskan pikiran dan jadikan presentasimu lebih kreatif seperti:
Intinya cobalah berpikir berbeda. Memang betul bahwa presentasi harus disesuaikan dengan konteks presentasi itu dibawakan. Bahkan memang ada suatu kondisi yang mengharuskan kita menggunakan bullets and numbering. Tetapi, satu hal bahwa PowerPoint is so powerful untuk membuar sebuah presentasi yang unik, menarik, dan tidak membosankan. Temukan gayamu, temukan kreativitasmu. :)

Untuk membawakan presentasi yang menarik, baca juga 9 Jurus Membawakan Presentasi yang Tidak Biasa. Ada 9 tips yang bisa kamu lihat bagaimana cara membuat presentasi yang menarik

Semoga bermanfaat ya, salam CerdasMulia! :)


Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya