10 April 2012 | By: Arry Rahmawan

Sudahkah Anda Memiliki Proposal Hidup?

Catatan Kepala: Filosofinya sederhana, untuk membuat kegiatan 2-3 hari saja kita memerlukan proposal. Bagaimana dengan hidup kita yang berlangsung bertahun-tahun lamanya?

Sahabat, sudahkah Anda memiliki proposal hidup? Proposal hidup adalah sebuah perencanaan tertulis yang dibuat sebagai bentuk syukur kita karena diberikan kesempatan hidup di dunia ini. Bayangkan, untuk membuat acara yang hanya berlangsung 1 - 2 hari saja kita membutuhkan proposal perencanaan bukan? Bahkan bagi mereka yang terbiasa berorganisasi, hingga membuat plan A, B, dan C sebagai untuk memastikan bahwa perencanaan yang dibuat dapat direalisasikan dengan baik.


Bagaimana dengan hidup Anda? Apakah Anda sudah memiliki proposal hidup?
Banyak orang bilang, biarlah hidup saya ini mengalir seperti air saja. Melihat bagaimana nanti ke depannya. Pandangan ini bisa jadi baik sekaligus membahayakan, karena sebenarnya Anda tidak tahu akan ke mana dan bisa jadi Anda akan terbawa pada 'arus' yang tidak Anda inginkan. Ibarat air sungai, tidak semua sampai ke laut. Ada yang ke selokan, bahkan - maaf - WC. Jadi, Anda ingin mengikuti air yang mengalir entah ke mana atau memutuskan untuk menentukan sendiri ke mana arah arus Anda?

Mimpi yang tertulis - proposal hidup
Proposal hidup dapat dibuat sesederhana mungkin. Semua orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita, bukan? Tetapi jarang sekali yang bisa menuliskannya! Padahal, mereka yang menuliskan mimpi-mimpi mereka dapat mengingat dan terus mengingatkan jalan atau keputusan apa yang harus mereka ambil dalam hidup mereka. Bayangkan jika mimpi dan target-target hidup Anda tidak ditulis, maka Anda akan selalu 'mengawang-awang' dalam mewujudkan mimpi Anda.

Sederhana saja, tidak perlu terlalu rumit
Proposal hidup tidak perlu rumit dan amat sangat detail. Anggaplah Anda membuat perencanaan 10 tahun, maka yang dibuat detail hanyalah target yang paling dekat yang ingin Anda capai. Misalkan 1-2 tahun dari sekarang. Biarlah 8 tahun sisanya menjadi sebuah 'konsep besar', sehingga memudahkan Anda untuk mengambil keputusan dalam perubahan-perubahan hidup Anda.

Proposal Hidup membuat percepatan mimpi menjadi kenyataan
Jika kita senang berorganisasi di sekolah atau di kampus, sudah umum sekali sebagai tanda 'direstuinya' kegiatan yang akan kita adakan adalah proposal tersebut ditandatangani sebagai tanda setuju oleh kepala sekolah atau rektor. Sama dengan hidup, jika Anda berdoa maka proposal hidup Anda ini dapat menjadi 'penjelas' apa yang Anda inginkan ketika disampaikan kepada Tuhan. Tuhan pasti Maha Tahu segalanya, tetapi yang menjadi masalah adalah jika kita tidak memiliki proposal, apakah Anda tahu apa yang sebenarnya ingin Anda capai? Inilah salah satu pentingnya proposal itu dibuat.

Lanjutkan dengan Follow-up and Action
Banyak sekali kejadian saya menemukan sahabat yang hanya berhenti sampai pada pembuatan proposal hidup, tanpa ada tindakan untuk merealisasikannya. Layaknya jika kita ingin mengadakan kegiatan, ketika proposal sudah disetujui, tentu saja kita harus menindaklanjuti dengan kinerja kepanitiaan yang mumpuni bukan? Nah, sama dengan proposal hidup. Ketika kita sudah membuat proposal hidup yang jelas, kita berdoa untuk diajukan kepada Allah agar dalam pelaksanaan diberikan petunjuk (Allah pasti ridha (tandatangan) dengan proposal Anda jika isinya adalah kebaikan), yang kemudian selanjutnya ditindaklanjuti dengan action, action, dan action!

Jadi, sampai di sini Anda sudah mengetahui seperti apa pentingnya bagi setiap orang untuk memiliki proposal dalam hidupnya. Jadi, sudahkah Anda memiliki proposal hidup? Kalau sudah, bagaimana proposal hidup Anda? Yuk di share di kotak komentar untuk menginspirasi pembaca lainnya.

Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia! :)




Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya