18 April 2012 | By: Arry Rahmawan

Cara Dahsyat Meningkatkan Pembaca di Blog Kita

Catatan Kepala: Menulis di blog itu mudah, tetapi sulit mempertahankan semangatnya. Salah satu hal yang membuat kita semangat menulis blog karena blog kita sering dikunjungi orang tentunya. Nah, bagaimana cara meningkatkan jumlah pembaca di blog kita?

Apa kabar sahabat? Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu hal paling penting dalam dunia blogging: Cara sakti dan manjur meningkatkan pembaca di blog kita. Bagi sahabat yang sudah pernah aktif di dunia blogging, pasti sering mengalami hal ini. Bagaimana tiba-tiba semangat untuk membuat blog itu hilang karena blog kita tidak dikunjungi banyak orang. Padahal, kita kan menulis untuk disebar dan berharap tulisan kita bisa dibaca banyak orang kan?

Bagaimana cara dahsyat meningkatkan pembaca di blog kita? Berikut ini kiat-kiatnya. :)



1. Konsisten Update Secara Berkala
Zaman sekarang ini, blog yang penting adalah content, content, dan content. Semakin berbobot isinya, semakin enak orang membacanya dan orang pun akan penasaran untuk mampir kembali ke blog kita. Maka, hati-hati dengan blog yang sering 'copas sana-copas sini' karena biasanya blog itu tidak akan bertahan lama dalam konsistensi menulisnya karena niat membuat blognya bukan untuk menulis.

Ingat juga dalam menulis content bahwa tulisan-tulisan kita haruslah bermutu, unique, dan useful. Kreatiflah dalam menulis, gunakan istilah-istilah dan cara menulis baru walaupun sebenarnya itu adalah ide-ide yang lama. Konsisten update secara berkala tidak harus menulis artikel yang panjang, tetapi juga singkat, padat, dan mudah dipahami.

2. Gunakan Social Media sebagai Media Promosi
Punya akun Twitter, Facebook, Milis, Google Plus dan lain sebagainya? Manfaatkanlah itu untuk mempromosikan artikel-artikel kita. Kalau perlu buatlah pages di Facebook untuk melihat berapa like di blog kita yang itu bisa berarti meningkatkan kredibilitas kita juga. Blog ini sangat memanfaatkan social media sebagai media promosinya dan itu ternyata sangat efektif. Setiap ada artikel baru langsung ada post di Wall Facebook dan Tweet ke follower saya.

3. Berinteraksi dengan Pembaca
Biasanya melalui kotak komentar atau shoutbox setiap orang meninggalkan jejak maka respon atau balaslah. Itu merupakan bentuk penghargaan kita karena orang yang sudah meninggalkan jejak, kesan, pesan, dan masukan adalah orang yang sudah rela meluangkan waktunya untuk memberikan tanggapan. Peliharalah interaksinya, jadikanlah percakapan yang seru. :)

4. Blogwalking and Leave Comments
Nah, kan sudah balas-balasan komentar, sekarang giliran kita yang mengunjungi blog orang lain. Istilahnya adalah blogwalking, yaitu jalan-jalan di blog. Ketika kita melakukan blogwalking maka jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar kita di sana. Saat meninggalkan komentar, jangan lupa untuk meninggalkan link website kita juga sehingga nantinya orang-orang dapat menungnjungi balik. Satu lagi, saat kita meninggalkan komentar, jangan hanya sekedar 'say hello' atau kesan biasa, seperti, 'bagus nih, kunjungi,..........', terkesan banget promosi. Win-win thinking aja. Kita berikan masukan atas artikelnya, kemudian orang juga akan bisa menilai jika komentar kita bagus dan bermutu, link blog kita pun pasti akan dikunjungi oleh orang-orang.

Cukup empat hal itu dulu, kalau diaplikasikan semoga dapat menambah pengunjung blog kita. Kita memang pastinya harus sabar sekali agar blog kita selalu dikunjungi orang. Satu hal yang pasti semuanya membutuhkan proses, dan konsistensi terhadap proses inilah yang nantinya akan membawa hasil.

Apakah Anda memiliki ide untuk mendatangkan pembaca ke blog? Silakan isi di kotak komentar ya.. :)

Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia! :)


Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya