15 April 2012 | By: Arry Rahmawan

The Secret of Life Excellence

Catatan Kepala: Seberapa sering Anda mengikuti training motivasi? Kapan terakhir kali Anda mengikuti training motivasi? Apakah masih berdampak hingga saat ini?

Sahabat CerdasMulia, saya pernah beberapa kali mendapatkan pertanyaan, mengapa dampak dari sebuah training motivasi itu hanya sementara saja? Mengapa tidak bisa berdampak lebih lama? Ini memang merupakan sebuah tantangan paling besar dari lembaga training motivasi manapun, dan kalau oleh jujur, rahasia untuk bisa termotivasi lebih lama adalah sesungguhnya dari DIRI SENDIRI.


Ya, para trainer dan motivator hanyalah mereka yang membantu menemukan di titik mana kamu akan termotivasi. Setelah itu, tugas kitalah untuk mempertahankan itu. Training CerdasMulia adalah satu-satunya training yang memberikan secret of life excellences dalam trainingnya. Secret of Life Excellences adalah hal yang sering "lupa" disampaikan dalam training mengenai "bagaimana agar saya dapat menemukan ruang-ruang ekselensi dan akselerasi" untuk diri saya? Berikut adalah The Secret of Life Excellences versi Training CerdasMulia:


Key of Life Excellence #1 - Positive Knowledge, Movie, and Biography
Menggunakan video, film, animasi, dan tokoh-tokoh dalam training
Ini menunjukkan bahwa untuk mempertahankan motivasi lebih lama setelah training selesai, kita dianjurkan untuk selalu menonton film-film yang positif dan membaca buku yang positif pula. Film-film yang membuat semangat, film-film yang menginspirasi dan meningkatkan rasa syukur, serta rajinlah membaca biografi atau belajar dari orang-orang sukses.

Key of Life Excellences #2 - Positive Movement
Teatrikal, Senam Otak, dan Simulasi Gerakan-Gerakan Permainan
Jika ingin bertahan lebih lama, maka lakukanlah action dalam setiap cita-cita yang sudah dibuat. Olahraga (bergerak) juga merupakan aspek penting untuk selalu menjaga semangat-semangat kita. Bagaimana dengan teatrikal? Teatrikal berfungsi jika kamu ingin merasakan semangat, maka kita harus mengubah setiap mimik wajah dan perasaan kita dengan menjadi semangat pula. Sehingga rasa semangat itu bisa terus menjalar dan benar-benar menjadi semangat yang nyata. Bagaimana dengan permainan? Permainan membuat kita belajar bahwa hidup itu harus dinikmati dan disyukuri layaknya kita sedang bermain sehingga kita akan selalu senang.

Key of Life Excellence #3 - Positive Music, Sound, Hearing
Mengapa ya di setiap training hampir selalu menggunakan musik? Itu karena musik mampu mempengaruhi kesehatan jiwa pendengarnya. Bahkan akan sangat berbeda bagi seorang bayi yang sering diperdengarkan suara al-Quran atau musik klasik dibandingkan hanya suara kebisingan semata. Maka setelah training, pilihlah musik-musik yang positif dan memotivasi. Musik, suara, atau alunan yang galau juga akan membuat diri kita menjadi galau, kan? Ini juga berlaku untuk kata-kata. Orang-orang yang positif membiasakan kata-kata yang terucap dari mulutnya juga merupakan kata yang optimis dan positif.

Itulah rahasia Life Exellence. Intinya bahwa motivasi yang bertahan lama menuju Life Exellence adalah motivasi yang berasal dari DIRI SENDIRI. Bagaimana cara membangunnya? Yaitu membiasakan diri kita menerima semua hal positif (dan itu bisa dilakukan oleh diri kita sendiri di luar training), mulai dari penglihatan, pendengaran, hingga pergerakan.

Semoga bermanfaat buat sahabat, salam CerdasMulia. :)

Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya