14 Maret 2012 | By: Arry Rahmawan

Membuat Blog yang Mengubah Hidup Anda

Sudah memiliki blog? Mengapa harus punya blog? Apakah saat ini memiliki blog itu penting? Atau justru sudah menjadi sebuah keharusan? Ya, di zaman informasi dan konseptual seperti saat ini, bisa jadi berawal dari sebuah blog lah maka hidup Anda juga akan berubah. Maka sayang jika sampai saat ini Anda tidak memiliki blog atau tidak ada media untuk membagi hasil pemikiran-pemikiran Anda. Karena dengan blog, publikasi pemikiran dan apa yang kita gagas menjadi sangat cepat tersebar dan justru itu dapat menjadi kekuatan tambahan (nilai lebih) dari diri kita.

Sudah banyak sekali kasus dan kejadian-kejadian nyata yang mengangkat kualitas seseorang karena berasal dari prestasi menulisnya yang kemudian dipublikasikan menjadi sebuah blog. Seperti misalkan yang paling terkenal adalah blognya bang Raditya Dika deh, itu kalau kita ingin mengambil contoh yang fenomenal. Ternyata tidak hanya tulisan-tulisan humor saja yang dapat mengubah hidup penulisnya dari blog. Seperti misalnya blog Kak Arry ini alhamdulillah menjadi sarana yang efektif untuk mengasah kreativitas dan memasarkan branding dari training CerdasMulia.

Lantas, bagaimana agar kita dapat membuat blog yang mampu mengubah hidup kita? Ada beberapa prinsip yang bisa dicoba sebagai berikut:


1. Blog adalah Sebuah Aset
Ingat bahwa memiliki blog ibarat memiliki sebuah aset, yang jika diurus dengan baik maka akan menhasilkan harga yang semakin lama semakin tinggi. Memiliki blog tidak hanya sekedar menulis tetapi juga bagaimana caranya menjadikan blog Anda memiliki harga yang tinggi. Dengan catatan bahwa blog Anda harus rajin dan sering di update dan diurus secara berkala. Dampak dari blog sebagai aset adalah ketika nanti ada banyak sekali permintaan yang ingin memiliki atau menjadi bagian dari blog Anda. Atau justru dari blog Anda akan muncul produk dalam bentuk fisik yang akhirnya akan menghasilkan uang kepada Anda. Aset, berarti mengalirkn keuntungan buat Anda.

2. Rumah Maya
Blog adalah sebuah rumah maya yang harganya murah bahkan gratis. Selayaknya sebuah rumah, maka harus didesain dan dirancang semenarik mungkin. Mulai dari tata letak hurufnya, pencampuran warnanya, yang membuat orang-orang itu senantiasa betah untuk berlama-lama berada di blog Anda. Maka di sini kemampuan teknis menjadi sangat penting. Tidak perlu mempelajari dan menguasai pemrograman lanjutan yang membingungkan, sudah tersedia banyak sekali template-template yang beredar dan gratis layaknya rancangan seorang profesional yang dibayar mahal.

3. Pusat Social Media
Manfaatkan blog Anda sebagai pusat sosial media Anda yang lain. Anda pastinya memilik Facebook, Twitter, LinkedIn, dan layanan sosial media yang lain, bukan? Blog inilah pusatnya! Buat berbagai macam tulisan atau posting-posting yang bermanfaat di dalamnya, dan sebarkan ke berbagai macam sosial media yang Anda miliki. Sehingga, di setiap butir kalimat yang ada di sosial media yang Anda miliki tersebut memiliki nilai manfaat yang sangat tinggi. Daripada hanya sekedar menggalau, lebih baik menulis via blog, dan jadilah rahmat bagi seluruh alam semesta melalui blogging.


4. Membangun Kredibilitas Branding Bisnis dan Personal
Memiliki blog yang baik dan produktif dapat menjadikan sarana yang efektif untuk membangun kredibilitas personal and business branding. Untuk membangun kredibilitas ini, cukup berikan manfaat yang banyak melalui blog Anda. Tidak perlu melakukan hard selling, tetapi jika seseorang mendapatkan banyak manfaat dari Anda (yang salah satunya) berasal dari blog Anda, maka orang akan dengan senang hati mendatangi Anda, bukan Anda yang mendatangi mereka. Maka blog yang nantinya sudah dikenal masyarakat luas karena manfaatnya yang besar dapat Anda selipkan untuk membangun jaringan personal dan bisnis Anda.

Mengapa saya bilang membuat blog yang mengubah hidup? Alhamdulillah sampai saat ini saya sudah menelurkan 7 blog sebagai media untuk menyalurkan passion menulis saya. Dan dengan menerapkan keempat prinsip di atas, saya pernah dipanggil untuk mengisi acara di suatu tempat, brand training saya tiba-tiba dikenal oleh masyarakat luar Jawa, beberapa artikel dibukukan, dan permintaan training tentang blogging. Dari sebuah blog, mengalirkan inspirasi, yang akhirnya berujung pada perubahan hidup kita yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan setelah ini kita akan mampu menulis blog dengan jauh lebih produktif lagi.

Apakah ada saran dan tambahan lain dari teman-teman? Silakan tulis di kotak komentar yaa..

Salam CerdasMulia! :)


Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan
Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya